Makanan untuk Vitamin Rambut Rontok

Rambut rontok banyak dialami, baik oleh pria maupun wanita. Rambut yang jatuh saat keramas atau tertinggal di sisir adalah hal yang banyak ditemui. Memberikan vitamin rambut rontok dapat menjadi salah satu penanganan tepat. Sekarang ini ada banyak sekali treatment untuk mengurangi rambut rontok. Mulai dari pemakaian obat, penggunaan laser, hingga transplantasi rambut. Namun cara yang alami seperti memberikan nutrisi atau makanan untuk rambut adalah langkah yang paling aman agar rambut sehat dan tidak rontok. Makanan-makanan berikut bisa dikonsumsi untuk membantu masalah rambut rontok, baik karena patah atau lainnya.

Nutrisi Makanan untuk Rambut Rontok

Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut merupakan cara efektif mengatasi masalah kerontokan. Beberapa makanan dengan nutrisi berikut akan membantu mengurangi rambut rontok dari waktu ke waktu.

  1. Vitamin E

Salah satu antioksidan yang berguna untuk kesehatan rambut adalah dari vitamin E. Nutrisi yang satu ini dibutuhkan untuk mencegah kerusakan rambut. Vitamin E juga membantu produksi keratin yang lebih banyak. Keratin ini secara alami akan menghentikan dan memperbaiki kerusakan pada rambut. 400 IU vitamin E yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu mendapatkan rambut yang panjang dan berkilau. Untuk nutrisi yang satu ini, kebanyakan masyarakat memang menggunakan yang sudah dalam bentuk suplemen. Apabila ingin mencoba suplemen vitamin E sebaiknya sudah dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Memastikan suplemen tersebut aman untuk tubuh karena setiap orang bisa merespon dengan berbeda-beda. Namun untuk produk perawatan rambut yang sudah terjamin keamanannya seperti Caboki bisa digunakan sesuai petunjuk pemakaian. Bagi yang memiliki masalah rambut rontok atau bahkan kebotakan dapat mengandalkan produk tersebut untuk memperbaikinya. Membuat rambut terlihat lebih lebat dan indah.

www.pexels.com
  1. Vitamin B kompleks

Rambut rontok dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, biotin vitaminB7 dan vitamin B6. Vitamin B kompleks dapat ditemukan di beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran. Alpukat, apel, kubis, brokoli, bayam, asparagus, dan kembang kol memiliki kandungan vitamin B kompleks yang bagus untuk rambut. Selain itu, aneka daging, kacang-kacangan, produk susu, telur, dan seafood juga memiliki nutrisi yang dibutuhkan rambut. Kerontokan seringkali membuat rambut terlihat sedikit atau tampak botak. Makanan-makanan yang disebutkan tadi mampu membantu pertumbuhan rambut untuk konsumsi 100 mg vitamin B kompleks per hari. Cara lain untuk membuat rambut tampak lebih lebat adalah menggunakan Caboki. Produk yang terbuat dari bahan alami tersebut merupakan serat pengganti rambut yang bisa menutupi kebotakan, baik karena rambut rontok atau karena faktor lainnya.

  1. Protein

Nutrisi lain yang penting untuk masalah rambut rontok adalah protein. Dikenal sebagai salah satu zat pembangun yang tentunya bagus untuk pertumbuhan rambut. Mencukupi kebutuhan protein untuk tubuh bisa dilakukan dengan rajin mengonsumsi daging, ikan, telur, dan aneka kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber protein alami yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi protein dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan rambut. Tidak hanya mempercepat pertumbuhan, protein juga bagus untuk menguatkan rambut dari akar sehingga tidak mudah mengalami kerontokan. Selain mencukupi kebutuhan protein, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Keramas secara rutin terbukti mampu mengurangi rambut rontok dan mencegah munculnya ketombe.

www.pexels.com
  1. Metil Sulfonyl Metana

Masalah rambut rontok terjadi tidak hanya karena rambut patah. Namun ada juga kerontokan yang terjadi karena memang akar rambut yang tidak begitu kuat. MSM atau metil sulfonyl metana akan membantu rambut tumbuh dengan lebih kuat dari akarnya. MSM adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membantu memproduksi keratin. Keratin sendiri dikenal sebagai protein rambut yang akan membuat rambut lebih kuat. Kerja dari MSM ini bisa dilihat hasilnya dalam rentang waktu 6 bulan jika dikonsumsi secara teratur. Makanan yang mengandung MSM antara lain adalah tomat, jagung, dan susu. Konsumsi sumber pangan tersebut dengan jumlah yang cukup dan teratur. Lindungi juga rambut dari sinar matahari agar rambut tidak rapuh dan tidak mudah rontok.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya bagus untuk kecerdasan otak, asam lemak esensial ini juga mempunyai khasiat untuk kesehatan rambut. Omega-3 dapat diperoleh dari beberapa sumber pangan seperti kacang-kacangan, ikan, alpukat, dan bayam. Kacang almond dan kenari merupakan makanan yang mengandung tinggi asam lemak ini. Untuk ikan yang paling tinggi kandungan asam lemaknya antara lain adalah ikan tuna, ikan sarden, dan ikan salmon. Asam lemak omega-3 memiliki peran untuk menyehatkan bagian kulit kepala dan membantu mendapatkan rambut yang indah berkilau.  Omega-3 ini penting untuk menutrisi rambut dari dalam. Sedangkan dari luar, nutrisi rambut bisa diberikan dengan penggunaan produk perawatan rambut. Gunakan shampoo dan kondisioner yang memang sesuai dengan kondisi rambut yaitu mudah rontok.

www.pexels.com
  1. Vitamin C

Sumber vitamin C sangat banyak dan mudah didapatkan. Pangan yang tinggi vitamin C adalah buah-buah dan beberapa sayur-sayuran. Buah yang mengandung vitamin C antara lain adalah jeruk, strawberry, dan jambu biji. Sedangkan untuk sayuran bisa dengan mengonsumsi bayam dan paprika merah. Konsumsi vitamin C yang bagus untuk kesehatan tubuh adalah 250 mg per hari. Nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan produksi kolagen. Salah satu elemen yang penting untuk rambut. Nutrisi yang satu ini bagus untuk memperbaiki kerontokan yang diakibatkan karena rambut patah. Kolagen adalah elemen yang dibutuhkan untuk rambut agar tumbuh sehat dan kuat.

  1. Zat besi

Nutrisi penting lainnya untuk rambut yang lebih sehat adalah zat besi. Unsur yang penting untuk memperbaiki masalah kerontokan. Zat besi dapat diperoleh dari sayur-sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Selain sayur, zat besi ditemukan di aneka buah-buahan kering, daging, sereal, hingga pasta. Beberapa orang mungkin mendapatkan zat besi dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Jika ingin menggunakan suplemen zat besi, jangan lupa untuk dikonsultasikan dulu dengan ahli medis. Dari banyak penelitian, masalah rambut rontok banyak disebabkan karena kekurangan zat besi. Nutrisi tersebut memang memiliki peran penting untuk kesehatan dan kekuatan rambut.

www.pexels.com
  1. Selenium

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya adalah karena kekurangan selenium. Nutrisi tersebut adalah elemen yang membantu tubuh memproduksi selenoprotein. Di dalam tubuh, selenoprotein akan merangsang pertumbuhan folikel rambut. Sekarang ini sudah cukup mudah untuk mendapatkan suplemen selenium untuk kesehatan rambut. Perhatikan petunjuk pemakaian dan sebaiknya sudah dikonsultasikan dengan dokter maupun ahli kesehatan lainnya. Selenium tidak hanya bagus untuk membantu mengatasi rambut rontok tetapi juga dibutuhkan untuk mencegah masalah rambut lainnya seperti ketombe.

Itulah beberapa jenis vitamin rambut rontok dan nutrisi penting lainnya yang bagus untuk memperbaiki kerontokan. Sumber nutrisi yang efektif untuk menyehatkan dan menguatkan rambut secara alami dari dalam.

Posts created 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top