Pentingnya Untuk Registrasi Kartu Telkomsel

Saat ini merupakan eranya teknologi, dimana hampir semua kegiatan dan pekerjaan selalu memanfaatkan teknologi untuk memudahkannya. Selain itu dengan kemajuan teknologi saat ini, ada banyak sekali kemudahan yang dapat dilakukan dalam berbagi informasi. Namun ada satu hal yang perlu anda ketahui ketika hendak melakukan itu, yakni memiliki koneksi Internet. Dalam hal ini Telkomsel telah memberi kemudahan sejak 1995, dimana anda hanya perlu melakukan registrasi kartu Telkomsel anda maka anda sudah bisa menikmati kemudahan berbagi informasi.

Sebelum kita masuk ke cara untuk melakukan registrasi, ada baiknya bila anda mengetahui terlebih dahulu sejarah berdirinya Telkomsel. Salah satu penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang tentu anda saat ini sudah merasakan kemudahan dalam berbagi informasi.

www.pexels.com

Sejarah Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia, Telkomsel merupakan operator pertama yang meluncurkan layanan pascabayar di tanggal 26 Mei 1995. Dikala itu saham Telkomsel masih dikuasai oleh PT.Telkom sebesar 51%, dan dipegang oleh Indosat sebesar 49%. Selain itu Telkom juga berhasil menjadi yang pertama dalam memberikan layanan prabayar GSM di asia, tepatnya pada November 1997.

Sejak berdirinya, Telkomsel memiliki tiga produk GSM unggulan diantaranya Simpati, KartuAs dan juga kartuHalo. Ketiga kartu ini memiliki jenisnya masing-masing, speerti kartuHalo sebagai kartu pascabayar atau tagihan dibebankan diakhir periode, kemudian simpati dan KartuAs sebagai kartu jenis prabayar.

Saat ini saham Telkomsel ini dimiliki oleh Telkom sebesar 65%, dan 35% berada di tangan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel. Telkom sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia, dan mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan SingTel sendiri merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dipegang oleh Singapura. Secara resmi di tahun 1995, Telkomsel mendapatkan izin untuk memberikan layanan telekomunikasi seluler GSM dengan resmi. Setelah sebelumnya berhasil menjadi pilot project Telkom pada proyek percontohan GAM di Batam.

Telkomsel ini berbeda dengan operator lain, dimana jaringan dibangun untuk melayani masyarakat diluar wilayah jawa. Seperti Batam, Medan hingga daerah-daerah lain diseluruh Indonesia. Kemudian pada tahun 1996, Telkomsel mulai memaksimalkan kerjanya di kota Jakarta dan sukses melayani seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Hal ini juga ditandai dengan adanya perngoperasian layanan Telkomsel, yang berada di Ambon dan juga Jayapura.

Setelah berhasil meluncurkan kartuHalo sebagai produk pascabayar, Telkomsel kembali menjadi operator pertama yang mengeluarkan kartu prabayar di ASIA yang disebut Simpati. Peluncuran kartu ini juga bertepatan dengan keadaan ekonomi Indonesia yang tengah dilanda krisis, tepatnya pada tahun 1997.

Bisa dikatakan launching Telkomsel pada kartu Simpati ini tepat waktu, karena mampu memberi solusi pada pengguna dalam mengontrol anggaran kebutuhan komunikasinya. Dengan tindakan ini, Telkomsel berhasil mendapatkan hadiah berupa sertifikat ISO 9002 untuk kategori Costumer Service On-Line dari PT.Tuv Rheinland Jerman. Dengan didapatkannya sertifikat ini, menandakan bahwa Telkomsel telah memenuhi standar mutu Internasional.

Berlanjut ke 1998, dimana Telkomsel melakukan gebrakan baru dalam mengembangkan jaringannya. Disini Telkomsel mencanangkan Word Calss Operator sebagai standar layanan yang dimilikinya, dengan mengeluarkan kartu prabayar baru yang diberi nama simpati Nusantara. Berbeda dengan kartu sebelumnya yang hanya bisa dipakai pada area yang teregistrasi saja, namun dengan simpati Nusantara ini bisa digunakan pada seluruh wilayah Indonesia.

Berlanjut ke tahun 2000, dimana Telkomsel kembali mempelopori layanan Mobile Banking di Indonesia. Dimana saat itu bank pertama yang bekerja sama dengan Telkomsel adalah Bank Panin, dan hal ini menjadi inovasi Telkomsel dalam mengintegrasikan teknologi dengan sistem banking. Hingga tahun 2009 terhitung telkomsel telah memiliki pelanggan sebanyak 72.1 juta orang, hal itu terhitung melalui statistik industi yang mewakili pasar yang diperkirakan sekitar 50% saja.

Setelah anda mengetahui sejarah singkat dari Telkomsel, tentu anda perlu tahu juga brand atau produk yang dimiliki Telkomsel ini. Berikut ini beberapa penjelasan produk dari Telkomsel.

www.pexels.com

Produk Telkomsel

Sebagai brand yang terbesar di Indonesia, tentu Telkomsel memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan pilihan bagi penggunanya. Untuk anda yang ingin tahu apa saja produk yang dimiliki oleh Telkomsel, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. KartuAs

Sesuai dengan tagline yang dimiliki kartu As ini, dimana tagline itu berbunyi “Pas untuk semua”. Kartu As ini memang diciptakan sesuai dengan target pasarnya, dimana konsumen KartuAs ini tertuju pada kalangan menengah hingga pelajar yang notabennya memiliki dana yang pas-pasan. Sehingga memungkinkan para pelanggan untuk menikmati paket internet Telkomsel, dengan biaya yang lebih murah.

Hal ini bukan hanya omong kosong belaka, karena harga yang ditawarkan berkisar di angka Rp 5000 saja. Dengan uang sekian, anda sudah menikmati paket yang diberikan Telkomsel selama 30 hari.

  • Skema tarif non paket kartu As

Skema dari kartu As ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni tarif ke sesama dan juga tarif ke beda operator.

  • Tarif sesama

Untuk tarif ke sesama mulai dari jam 00.00 hingga 05.59 akan dikenai biaya sebesar Rp 111 setiap 5 detik selama 50 detik, kemudian dilanjutkan dengan Rp 38 per 5 detik selama 60 detik. Namun hal berbeda akan terjadi di hari Minggu, dimana tarif yang dikenakan sebesar Rp 211 per 10 detik selama 300 detik, dan dilanjutkan dengan Rp 2 per menit dengan durasi 600 menit.

Sedangkan di jam 06.00 hingga 16.59 anda akan dikenakan biaya Rp 101 per lima detik selama 60 detik, dan dilanjutkan dengan biaya Rp 35 per 5 detik selama 60 detik. Hari minggu pun akan berubah tarif yang dikenakan, dimana biaya yang akan anda keluarkan sebesar Rp 200 per 10 detik selama 300 detik. Kemudian dilanjutkan dengan Rp 0 per menit hingga 600 detik.

Bukan hanya itu saja, ketika anda melakukan panggilan hingga Rp 3.500 di jam 00.00 hingga 16.59 anda akan mendapatkan bonus 200 menit ke sesama.

  • Tarif beda operator

Untuk tarif telepon yang dikenakan pada operator lain adalah sebesar Rp 666 per 30 detik (OLO) di jam 00.00 hingga 16.59, dan Rp 240 per 10 detik selama 180 detik dan dilanjutkan dengan Rp 0 per menit selama 360 detik. Hal ini juga berlaku di jam 17.00 hingga 23.59.

  1. Simpati Loop

Bisa dikatakan Simpati ini memiliki tampilan yang lebih kekinian, dengan desain yang keren dan memiliki tag line “ini kita!”. Bisa dikatakan tagline ini untuk membuktikan bahwa kartu ini merupakan kartu yang merakyat, dan pastinya sangat cocok untuk kalangan muda yang identik dengan dana yang minim atau masih bergantung pada orang tua.

Agar anda lebih mengenal kartu ini, anda perlu mencobanya sendiri. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 untuk bisa menikmati kartu ini, dan masa aktif kartu ini selama 30 hari.

  • Skema tarif non paket Simpati Loop

Tarif yang dikenakan pada kartu jenis ini juga cukup menarik, dimana Telkomsel membaginya secara umum sebagai tarif ke sesama Loopers. Loopers ini merupakan istilah untuk pengguna simpati Loop, ke sesama Telkomsel dan juga operator lain.

  • Tarif sesama loopers

Tarif yang dipatok untuk telefon sebesar 197 per menit di jam 00.00 hingga 17.59, dan tarif jam 18.00 hingga 23.59 sebesar Rp 219 per menit. Sedangkan untuk biaya SMS sebesar Rp 150 per SMS dan MMS sebesar Rp 1.500.

  • Tarif sesama Telkomsel

Tarif telfon yang dikenakan pada sesama telkomsel adalah Rp 274 per menit di jam 00.00 hingga 17.59 dan di jam 18.00 hingga 23.59 sebesar Rp 329 per menit. Sedangkan untuk tarif SMS sebesar 204 per SMS dan MMS sebesar Rp 1.500.

  • Tarif beda operator

Sedangkan untuk tarif beda operator berada di angka Rp 384 per 30 detik di jam 00.00 sampai 17.59 dan Rp 439 per detik di jam 18.00 hingga 23.59. Sedangkan untuk SMS tarif yang dikenakan per SMS nya sebesar Rp 254 dan Rp 1.500 untuk MMS.

  1. Simpati

Saat ini kita berada di kartu yang menjadi primadona Telkomsel, pasalnya kartu ini menjadi kartu yang mayoritas digunakan masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi. Khusus untuk kartu Simpati ini, akan terus ada di Telkomsel dan setiap tahunnya akan ada tema yang berbeda-beda. Contohnya di tahun 2017 lalu, Simpati mengeluarkan tema “Your Everyday Discovery” yang ditujukan pada kaum menangah keatas.

Namun tak menutup kemungkinan bila ingin beralih dari kartu hemat Telkomsel ke Simpati ini, ha ini mengingat bila harga paket hampir tidak ada bedanya antara yang mahal dan yang murah. Bila anda sedari tadi membaca bila dua kartu sebelumnya dipatok dengan harga Rp 5000, maka kartu ini dibandrol seharga Rp 50.000 dengan masa berlaku 30 hari. Hal yang membedakan adalah, dimana kartu ini sudah siap dihubungakan dengan jaringan yang berjenis 4G LTE. Keuntungan lain adalah, dimana anda langsung mendapatkan kuota sebanyak 25MB dengan masa berlaku 3 hari.

  • Skema tarif non paket Simpati

Untuk tarifnya pun sama, dimana tarifnya dibedakan menjadi 2 yakni sesama operator dan lain operator.

  • Tarif sesama operator

Untuk tarif sesama operator pengguna akan dikenakan biaya Rp 125 per detik selama 60 detik di jam 00.00 sampai 16.59. kemudian dilanjutkan dengan biaya Rp 37 per 5 detik selama 60 detik.

Di hari minggu juga terdapat perubahan harga, dimana tarif menjadi Rp 200 per 10 detik selama 300 detik dan berubah menjadi Rp 0 per detik selama 600 detik.

  • Tarif operator lain

Bisa dikatakan tarif ini merupakan tarif termahal yang dimiliki Telkomsel, dimana anda harus mengeluarkan Rp 733 per detik di jam 00.00 sampai 16.59 dan Rp 666 per 30 detik di jam 17.00 sampai 23.59. Dengan biaya SMS sebesar Rp 325 per SMS.

Setelah anda mengetahui seluruh info dan biaya dari Telkomsel, tentu sebelum anda menggunakan kartu anda diharuskan untuk melakukan registrasi. Registrasi ini meliputi pengisian data, mulai NIK dan juga nomor KK. Tentu seluruh data tersebut haruslah data yang valid, sehingga kartu yang anda gunakan bisa terlacak. Agar anda semakin jelas, berikut ini cara registrasinya.

www.pexels.com

Cara Registrasi kartu Telkomsel

Apabila dulu anda diharuskan untuk mengisikan data sesuai KTPsaat hendak melakukan registrasi, untuk tahun ini anda tidak bisa melakukan itu lagi. Seperti yang diumumkan oleh kominfo, dimana registrasi kartu haruslah menggunakan NIK dan juga nomor KK. Setelah anda melakukan registrasi barulah nomor anda bisa digunakan, dimana registrasi ini terakhir dilakukan pada tanggal 28 Februari 2018 kemarin.

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara registrasi, berikut ini cara-caranya:

  1. Registrasi ulang pelanggan lama

Bila anda seorang pelanggan lama dari kartu Telkomsel, maka anda bisa melakukan registrasi ulang. Caranya cukup gampang, anda hanya perlu menuliksan format “Ulang (spasi) NIK#No KK# kemudian kirimkan ke nomor 4444.

Setelah anda melakukan pengiriman format tersebut, maka anda sudah dinyatakan terdaftar dan bisa menggunakan kartu Telkomsel anda.

  1. Registrasi pelanggan baru

Berbeda dengan pelanggan lama, bila anda seorang pelanggan baru Telkomsel maka anda perlu

melakukan pengiriman dengan format berikut ini.

(Reg NIK#No KK#) kemudian mengirimkan ke nomor 4444, maka anda akan dibalas dengan pesan bahwa nomor anda sudah berhasil diregistrasi. Namun perlu anda ketahui bahwa registrasi ini hanya berlaku pada 3 nomor saja, sehingga bila anda hendak mendaftarkan 4 nomor maka anda harus melakukan unreg terlebih dahulu.

  1. Grapari

Bila memang anda mendapatkan kesulitan saat melakukan registrasi, mungkin karena kartu anda sudah terlalu banyak dan anda lupa untuk melakukan unreg. Anda bisa mendatagi grapari untuk memperbaikinya, pihak grapari akan segera melakukan registrasi untuk kartu anda.

Perlu diingat proses registrasi ini tetap membutuhkan NIK dan juga No KK anda, sehingga jangan sampai melupakan untuk tidak membawa data-data tersebut ya.

  1. Grapari Virtual

Selain anda bisa melakukan registrasi dengan datang langsung ke Grapari, anda juga bisa melakukan registrasi melalui Grapari virtual. Anda bisa mengaksesnya dengan beberapa cara berikut ini. Melalui Line dengan menghubungi @Telkomsel, aplikasi Telegram dengan akun @Telkomsel_official_bot dan juga melalui Facebook messenger dengan menghubungi akun @Telkomsel.

Ketika anda menghubungi beberapa akun diatas, anda akan dibantu oleh asisten digital yang bernama Veronika. Disana anda diharuskan untuk mengikuti perintah Veronika, biasanya anda akan diarahkan pada sebuah web yang digunakan untuk melakukan registrasi.

Apabila anda memiliki aplikasi Telkomsel di smartphone anda, anda juga bisa melakukan registrasi dengan menekan menu kemudian akun saya. Gulirkan kebawah dan cari tombol registrasi prabayar, klik dan ikuti perintahnya.

  1. Registrasi melalui website

Selain cara diatas, anda juga bisa melakukan registrasi dengan mengunjungi website Telkomsel langsung. Namun anda perlu tahu bahwa proses ini akan memakan waktu paling lambat 1 x 24 jam, dan untuk melakukannya anda bisa langsung mengakses ke telkomsel.com. Dalam web ini anda akan dimintai data diri anda, sama seperti anda melakukan registrasi menggunakan SMS.

Setelah anda melakukan registrasi namun anda belum yakin bahwa kartu anda sudah teregristasi, maka anda bisa mengeceknya melalui website telkomsel.com/cek-prepaid. Disini anda akan diharuskan untuk mengisi nomor handphone, no KTP NIK, dan juga password. Password ini bisa anda dapatkan setelah menekan dapatkan password yang nantinya akan dikirimkan ke nomor anda. Anda hanya perlu mengisikan password ke tab password, dan anda sudah bisa tahu status nomor anda.

Posts created 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top