Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Pembersih Kamar Mandi Alami

Kebersihan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan jauh dari sarang penyakit. Sebaliknya, lingkungan yang kotor akan dapat dengan mudah untuk mengundang berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, setiap orang harus memperhatikan kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Termasuk menjaga kebersihan badan kita.

www.pexels.com

Cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan cara mandi. Setiap orang setiap harinya perlu melakukan setidaknya dua kali. Mandi yang dilakukan umumnya dilakukan di kamar mandi, baik di kamar mandi di rumah sendiri maupun kamar mandi umum. Sebagai tempat yang digunakan untuk mandi dan membersihkan diri, kamar mandi tentu akan menyisakan kotoran. Kotoran tersebut bisa berasal dari busa sabun atau kotoran lain yang ikut bersama badan kita sebelum mandi.

 

Kotoran tersebut lama-kelamaan akan membuat tembok kamar mandi menjadi kotor, kusam, berlumut, dan membuat bau tidak sedap. Oleh karena itu, kebersihan kamar mandi juga harus sangat diperhatikan. Cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan kamar mandi adalah dengan menggunakan pembersih kamar mandi. Pembersih yang digunakan pun ada yang terbuat dari bahan kimia maupun bahan alami.

 

Kamar mandi adalah salah satu tempat penting yang perlu dibangun di sebuah rumah. Untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun kamar mandi di rumah :

  1. Pilih Lokasi Kamar Mandi yang Tepat

Kamar mandi yang ideal adalah yang berada di lokasi yang dekat dengan ruangan lain yang juga membutuhkan air. Ruangan tersebut misalnya dapur dan tempat mencuci. Hal ini akan membantu dalam instalasi sistem pemanas air yang akan dipasang agar penggunaan air menjadi lebih efisien.

  1. Fungsi dan Perabot yang Dibutuhkan

Sebelumnya, Anda perlu menentukan jenis kamar mandi yang akan dibangun, apakah kamar mandi kering atau basah. Anda bisa menentukan jenis kamar mandi tersebut menyesuaikan fungsi kamar mandi yang akan Anda bangun. Setelah menentukan fungsi, Anda bisa menentukan perabot apa saja yang akan dipasang atau disediakan di kamar mandi tersebut.

  1. Perhatikan Luas dan Desain Kamar Mandi

Memperhatikan luas kamar mandi ini sangat penting untuk ditentukan sejak awal. Kamar mandi yang terlalu luas akan memakan tempat untuk ruangan lainnya. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhitungkan kamar mandi yang akan bangun menyesuaikan lokasi dan fungsinya. Setelah menentukan luas, Anda juga harus memilih seperti apa desain dari kamar mandi tersebut. Desain yang unik dan menarik akan membuat para pemakai kamar mandi menjadi lebih nyaman. Seperti berbagai inspirasi desain kamar mandi di hustopia.com yang sangat menarik untuk diterapkan.

www.pexels.com
  1. Tentukan Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Kamar mandi dengan lantai yang terlalu licin cukup berbahaya. Anda bisa memilih keramik yang beralur agar tidak terlalu licin. Sebaiknya, Anda hindari penggunaan lantai dari kayu karena akan mudah berlumut. Begitu pula dengan dinding sebaiknya menggunakan keramik atau marmer. Sehingga, Anda bisa menghemat penggunaan pembersih kamar mandi dalam menjaga kebersihan kamar mandi.

  1. Perhatikan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Kamar mandi akan digunakan setiap saat baik pagi, siang, sore, hingga malam. Oleh karena itu, diperlukan pencahayaan yang tepat. Pencahayaan yang tepat tidak akan menyebabkan ruangan menjadi gelap, kusam, penuh dengan bayangan, dan kotor. Untuk kamar mandi yang tidak terlalu luas, pencahayaan bisa dipasang tepat di tengah atas. Jika ruangan cukup luas, diperlukan beberapa lampu untuk dipasang. Sedangkan untuk sirkulasi udara, Anda bisa memasang beberapa jendela maupun menggunakan exhaust fan agar kamar mandi agar tidak terlalu lembab.

Menjaga Kebersihan dengan Pembersih Kamar Mandi Alami

Agar kamar mandi tidak menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa mengundang banyak penyakit, maka kebersihannya harus selalu diperhatikan. Kebanyakan orang akan menggunakan pembersih kamar mandi yang terbuat dari bahan kimia. Padahal, produk-produk tersebut bisa saja membahayakan kesehatan, terutama bagi anak-anak. Berikut adalah tips membersihkan kamar mandi dengan pembersih dari bahan alami :

www.pexels.com
  1. Cuka

Selama ini, cuka banyak digunakan sebagai bahan untuk memasak. Namun, cuka juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk untuk membersihkan kamar mandi. Cuka memiliki sifat asam yang dapat digunakan untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi Anda. Cuka ini mampu digunakan untuk megusir kuman jahat yang berada di sudut kamar mandi. Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda membandel pada lantai kamar mandi adalah seperti berikut :

  • Semprotkan cuka pada lantai dan tembok yang terdapat noda membandel
  • Siram bagian tersebut dengan menggunakan air panas
  • Setelah beberapa waktu, siram kembali bagian tersebut menggunakan air panas yang baru
  • Diamkan beberapa saat, setelah itu bersihkan kotoran dengan menggunakan spons basah atau semacamny

 

  1. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak atsiri esensial biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Namun, minya ini ternyata juga bisa digunakan untuk melunturkan noda membandel di kamar mandi. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ke dalam baking soda. Lalu, siramkan ke sudut kamar mandi yang ingin Anda bersihkan.

  1. Boraks

Boraks juga bisa menjadi salah satu bahan alternatif untuk membersihkan kamar mandi. Dengan ¾ sendok teh bubuk boraks yang ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial lemon, 1 cangkir cuka putih, dan minyak lavender bisa menjadi ramuan untuk membersihkan kamar mandi. Penggunaannya, cukup dengan menggosokkan ramuan tersebut memakai sikat pada bagian kamar mandi yang ingin dibersihkan. Siramkan ramuan tersebut ke seluruh sudut kamar mandi lalu diamkan semalaman. Alhasil, semua kuman akan hilang dan kamar mandi akan tampak mengkilap.

  1. Cuka dan Baking Soda

Mencampur cuka dengan baking soda juga bisa menjadi bahan alternatif terutama dalam membersihkan kursi toilet menjadi kembali putih bersih. Ramuan tersebut juga bisa Anda siramkan ke seluruh bagian kamar mandi dan mendiamkannya beberapa saat. Setelah itu, semua noda membandel akan luntur dan kamar mandi menjadi lebih kinclong.

Membasmi Noda pada Lantai dengan Pembersih Kamar Mandi Alami

Sebagai tempat untuk membersihkan diri, tentu kamar mandi akan sering dalam keadaan basah. Terutama bagian lantai dan tembok yang terkena air dan seringkali mengundang kuman, bakteri, dan kotoran menempel di sana. Sebaliknya, apabila kamar mandi lama tidak digunakan misalnya karena ditinggal ke suatu tempat, akan menyebabkan lantai kamar mandi menjadi berkerak. Untuk itu, kamar mandi membutuhkan perawatan secara rutin agar selalu terjamin kebersihannya. Salah satunya adalah menggunakan pembersih kamar mandi alami.

  1. Garam untuk Membasmi Lumut

Salah satu masalah yang sering terjadi di dalam kamar mandi adalah tumbuhnya lumut. Hal ini wajar saja karena kamar mandi merupakan tempat yang lembab dan jarang terkena sinar matahari. Untuk itu, diperlukan sirkulasi udara yang tepat untuk mengurangi pertumbuhan lumut. Jika lumut sudah tumbuh, maka harus segera dibasmi agar tidak membuat lantai menjadi licin. Lantai yang licin tentu cukup membahayakan setiap orang yang masuk ke dalam kamar mandi. Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membasmi lumut adalah menggunakan larutan garam. Beriktu langkah-langkahnya :

  • Masukkan tiga sendok garam ke dalam air sebanyak dua liter
  • Panaskan larutan garam hingga mendidih
  • Siram larutan garam yang masih panas ke lantai kamar mandi yang berlumut
  • Sikat lantai yang berlumut hingga bersih
  • Bilas lantai yang telah dibersihkan menggunakan air hingga bersih
  • Siram kembali lantai menggunakan larutan garam dalam keadaan panas
  1. Lemon untuk Membasmi Karat

Setelah sekian lama terkena air, pancuran air akan berkarat. Pancuran air yang tidak berkarat tentu bisa diganti dengan yang baru. Selain itu, Anda juga masih bisa menghilangkan karat tersebut agar kembali terlihat bagus. Salah satu caranya adalah menggunakan lemon. Hal ini karena lemon memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan karat. Berikut caranya :

  • Belah buah lemon menjadi dua bagian
  • Gosok keran dan pancuran air yang berkarat menggunakan lemon.
  1. Zat Asam Cuka untuk Membasmi Kerak

Cipratan air yang mengandung sabun dan kotoran lain yang tersisa setelah mandi bisa menyebabkan adanya jamur dan lumut dan bisa mengeras di lantai kamar mandi. Kerak yang ada di lantai ini tentu tidak enak untuk dipandang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan zat asam cuka. Berikut caranya :

  • Keluarkan semua perabot atau barang yang ada di lantai kamar mandi
  • Larutkan air asam cuka dan air dengan perbandingan 50-50. Tambahkan sabun dan deterjen ke dalam satu ember dan siramkan ke lantai secara merata. Kemudian, gosok semua bagian lantai kamar mandi dengan air larutan cuka hingga bersih.
  • Jika kerak masih belum bisa hilang, coba gunakan zat asam cuka tanpa campuran air.
  • Selain lantai, sikat pula sudut-sudut di sekitar lantai dan saluran pembuangan air menggunakan zat asam cuka.
  • Jika sudah, bilas semua setiap bagian yang disikat dengan air sampai bersih. Jangan sampai ada sisa zat asam cuka yang masih menempel serta sisa noda kerak lantai ke dalam saluran pembuangan air.
  1. Membersihkan Lantai dengan Kaporit

Bubuk kaporit dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat di lantai kamar mandi. Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan lantai menggunakan bubuk kaporit :

  • Bilas permukaan lantai yang terdapat kotoran dengan menggunakan air panas
  • Taburkan secara merata bubuk kaporit pada permukaan lantai tersebut
  • Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bilas kembali lantai tersebut menggunakan air bersih. Anda bisa membilasnya secara berulang sampai lantai benar-benar terlihat bersih
  1. Membersihkan Keramik dengan Sitrun

Sitrun juga dapat digunakan untuk membersihkan keramik di dalam kamar mandi dari kotoran yang membandel. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan kotoran dan kerak yang telah membandel pada keramik. Anda bisa menggunakan batu apung dan air sabun
  • Bilas permukaan keramik dengan menggunakan air bersih secukupnya
  • Basahi kembali permukaan keramik tersebut menggunakan air bersih.
  • Taburkan sitrun secara merata pada bagian yang akan dibersihkan
  • Selanjutnya, diamkan beberapa saat agar sitrun dapat bereaksi.
  • Bilas kembali permukaan keramik dengan menggunakan air bersih

Membersihkan kamar mandi perlu dilakukan secara rutin, paling tidak satu minggu sekali. Hal ini diperlukan mengingat kamar mandi adalah tempat yang lembab sehingga mudah untuk ditumbuhi jamur, lumut, dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk membersihkan kamar mandi. Terutama, orang-orang yang memiliki banyak aktivitas sehari-harinya. Untuk meminimalisir adanya kotoran yang membandel, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :

  1. Bersihkan Kamar Mandi dengan Maksimal

Saat Anda memiliki banyak waktu luang, gunakanlah untuk membersihkan kamar mandi secara maksimal. Bersihkan setiap sudut kamar mandi menggunakan pembersih kamar mandi dan peralatan kebersihan lainnya. Beberapa sudut yang perlu dibersihkan mulai dari lantai, dinding, bak mandi, berbagai perabot, hingga atap kamar mandi.

  1. Berkomitmen Menjaga Kebersihan

Untuk mengurangi kotoran yang ada di kamar mandi, Anda sekeluarga perlu berkomitmen untuk menjaga kebersihannya setiap selesai mandi. Misalnya, memeriksa apakah ada sisa-sisa sabun, shampoo, atau semacamnya yang masih belum tersiram. Hal ini karena jika sisa-sisa tersebut dibiarkan saja, maka dapat menyebabkan adanya kerak, jamur, atau lumut yang tidak enak untuk dipandang.

  1. Menyimpan Kembali Peralatan Mandi Usai Digunakan

Usai mandi, jangan lupa untuk menyimpan kembali peralatan mandi yang telah digunakan. Simpan kembali peralatan tersebut ke tempat semula. Mulai dari botol sabun, botol shampoo, sikat gigi, pasta gigi, dan lainnya. Hal ini untuk menghindari tumpahnya peralatan mandi tersebut. Selain itu, kamar mandi juga akan terlihat lebih rapi dan enak dipandang.

  1. Mengupayakan agar Area Shower Kering

Untuk jenis kamar mandi kering, terdapat pemisahan antara area shower dengan area toilet. Untuk area shower, upayakan agar selalu berada dalam kondisi kering usai melakukan mandi. Anda bisa menggunakan kain atau handuk kering untuk menghilangkan sisa air atau embun pada sekat kaca. Sedangkan untuk shower itu sendiri, Anda bisa menggunakan air cuka.

  1. Memperhatikan Wastafel Kamar Mandi

Area wastafel biasanya digunakan untuk tempat menyikat gigi, cuci muka, bercukur, dan aktivitas lainnya. Jika Anda memiliki wastafel pada kamar mandi, perhatikan wastafel tersebut agar berada dalam keadaan kering. Selain wastafel, Anda juga perlu mengeringkan kembali cermin yang ada di depannya. Cukup lap menggunakan kain kering agar wastafel dan cermin bisa kembali dalam keadaan kering.

  1. Memperhatikan Lubang Saluran Air

Satu bagian di dalam kamar mandi yang tidak boleh dilewatkan adalah lubang saluran air. Lubang ini berfungsi sebagai jalan untuk pembuangan air. Jika terdapat kotoran atau plastik yang menyumbat saluran tersebut, maka aliran air pun menjadi tidal lancar atau bahkan tersumbat. Selain tersumbat, genangan air tersebut juga bisa menyebabkan noda yang membandel. Untuk itu, lubang saluran air perlu diperhatikan setiap saat agar tidak sampai tersumbat.

Berbagai ulasan di atas sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini berguna agar And bisa menciptakan kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk digunakan. Terutama soal perawatan kamar mandi beserta perabotnya. Pembersihan tidak boleh hanya terfokus pada sisi yang terlihat kotor saja, tetapi juga pada setiap sisi demi menjaga kondisi kamar mandi selalu terlihat bersih dan mengurangi kuman serta bakteri penyebab penyakit.

Posts created 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top