Berwisata Religi di Masjid Pangeran Diponegoro Jakarta

Jakarta bukan hanya sebuah Ibukota yang penuh dengan hiruk-pikuk permasalahan khas Kota Metropolitannya, tapi juga saat ini menjelma sebagai salah satu kota dengan daya tarik akan wisatanya. Tidak hanya wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner, wisata religi pun juga ada disini. Tidak heran jika Jakarta menarik siapa saja untuk mencoba keeksotisan kotanya. Tidak hanya para pekerja, wisatawan juga berbondong-bondong datang ke Ibukota. Banyak diantara mereka yang mengunjungi objek wisata khas Jakarta, misalnya Pantai Ancol, Taman Monas, Kebun Binatang Ragunan, hingga Taman Mini Indonesia indah yang ternyata terdapat sebuah masjid besar bernama Masjid Pangeran Diponegoro.

Berbicara soal masjid ini, ada keunikan yang bisa langsung disadari wisatawan, yakni letaknya yang ada di deretan bersama tempat ibadah lain di Taman Mini Indonesia Indah alias TMII. Layaknya sebuah tempat wisata, Masjid Pangeran Diponegoro ini juga kaya akan fasilitas penunjang. Tidak bisa dipungkiri, fasilitas menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung saat datang ke sebuah wisata. Apalagi ini adalah sebuah masjid..

www.pexels.com

Lokasi Masjid Pangeran Diponegoro

Masjid yang ada di kawasan TMII ini bisa kamu kunjungi di Jalan Raya Taman Mini. Tepatnya sih, kamu bisa ke Kelurahan Ceger yang masih termasuk Kecamatan Cipayung, kawasan Kota Jakarta Timur.

Transportasi Menuju Lokasi Wisata

Pasti jika kamu warga asli Jakarta Timur, tidak akan bingung lagi ya mencari lokasi wisata satu ini. Tapi bagaimana jika kamu berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri? Apakah masih bisa menemukannya? Nah… tidak perlu panik! Kalau kamu pakai kendaraan pribadi, kamu bisa lho menemukan lokasi wisata Masjid Pangeran Diponegoro ini via Google Maps. Tinggal klik tujuan dan selanjutnya ikuti arahan saja.

Kalau kamu naik angkutan umum, misalnya saja bus atau angkot, kamu bisa mencoba menuju lokasi wisata ini dengan cara berhenti di area Terminal Bus Kota daerah Jakarta Timur. Setelah berhenti disana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau taksi menuju Jalan Raya Taman Mini. Setelah sampai di jalan tersebut, Masjid bisa dengan mudah kamu temukan.

Sejarah Masjid Pangeran Diponegoro

Masjid yang diberi nama dari seorang Pahlawan Nasional asal Yogyakarta ini dibangun pada tahun 1973. Di tahun 1975, masjid ini diresmikan oleh Presiden Soeharto dan menjadi salah satu masjid termegah di Jakarta. Ada satu alasan khusus mengapa nama Pangeran Diponogoro dipilih. Hal ini tidak lain merujuk pada besarnya pengaruh Sang Pangeran dalam berjuang di jalan Islam dan juga besarnya andil beliau dalam memberikan kemerdekaan.

www.pexels.com

Daya Tarik Masjid Pangeran Diponegoro

Masjid yang ada di kawasan area Taman Mini Indonesia Indah ini memang sangat cantik dan sayang bila tidak dikunjungi. Selain berwisata arsitektur, kamu bisa sekalian berwisata religi disana. Lengkap, bukan?

Salah satu tempat ibadah di daerah Jakarta ini memang sering dikunjungi wisatawan dan masyarakat sekitar. Apalagi kalau bukan digunakan untuk beribadah dan berbagai macam kegiatan keagamaan lainnya. Masjid seluas 760 m2 yang berdiri di atas area seluas 2.850 m2 ini mempunyai dua lantai.  Lantai satu dipakai khusus untuk jamaah, bisa untuk tempat wudhu, untuk kamar mandi, ada pula ruang tunggu, bahkan perpustakaan, dapur dan gudang. Sementara itu, lantai duanya dikhususkan untuk tempat imam, tempat khatib dan mihrab.

Banyak wisatawan yang selain salat disana, juga menyempatkan diri melihat menara masjid berbentuk kubah yang mempunyai tinggi sekitar 26 meter. Menara tersebut digunakan untuk mengumandangkan adzan dan pastinya mengundang decak kagum bagi siapa saja yang menyaksikan.

Fasilitas

Masjid berkapasitas 200 hingga 300 orang ini memiliki beberapa fasilitas penunjang yang baik dan terjaga pelayanannya lho. Misalnya saja adanya area parkir gratis yang luas untuk kendaraan para pengunjung yang mampir kesana. Selain itu, masjid juga dilengkapi dengan area pelataran di sisi masjid yang luas sehingga memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang ingin beristirahat. Setelahnya, pengunjung juga bisa menyempatkan diri menuju ke sisi kiri masjid untuk berbelanja oleh-oleh. Pasalnya, disana terdapat toko pernak-pernik khas daerah Jakarta. Jika pengunjung ingin memperdalam tentang agama, di area masjid juga terdapat toko buku Islam.

Wisata Masjid Pangeran Diponegoro juga dikenal dengan kebersihannya yang selalu terjaga lho. Pasalnya meski juga untuk wisata, tapi fungsi utama objek satu ini adalah tempat ibadah yang mana memang kebersihannya harus diutamakan agar selalu suci dan bebas dari najis. Hal ini bisa dilihat dari tempat wudhu, toilet, hingga perangkat salat dan karpet-karpet yang ada di masjid. Berbicara tentang karpet, bagi kamu yang sudah berkunjung kesana pasti pernah terbersit pertanyaan dimana ya tempat berjualan karpet seperti itu. Nah, tidak usah bingung lagi, kamu bisa lho menemukan karpet sebaik karpet masjid di TMII ini melalui jual karpet masjid.

Kegiatan yang Sering Diadakan di Masjid Pangeran Diponegoro

Masjid memang bukan hanya sebagai tempat salat saja, tapi juga bisa untuk kegiatan keagamaan lainnya. Misalnya saja akad nikah hingga syukuran. Jadi tidak hanya untuk salat wajib, salat jumat, dan salat taraweh kala Ramadhan saja ya masjid cantik ini bisa digunakan. Bahkan, disana juga seringkali diadakan ceramah keagamaan lho. Bagaimana? Komplit, bukan?

www.pexels.com

Saran dan Tips Saat Berkunjung ke Masjid Pangeran Diponegoro

Sama halnya dengan saran dan tips untuk berlibur ke objek wisata lainnya, jika kamu akan berkunjung ke masjid di TMII ini, ada baiknya kamu persiapkan hal-hal berikut ini ya!

  • Pantau Cuaca

Meski kamu memakai kendaraan pribadi dan masjid merupakan bangunan tertutup yang bisa melindungimu dari hujan, tapi alangkah baiknya sebelum berangkat, kamu cek terlebih dahulu. Apakah cuaca hari itu mendukung liburanmu atau tidak.

  • Persiapkan Kebutuhan untuk Makan

Meski disana nanti ada rumah makan, ada baiknya untuk jaga-jaga, kamu bawa makanan dari rumah. Tidak perlu bekal khusus, cukup bawa saja air minum dalam botol dan beberapa makanan pengganjal perut seperti roti dan snack.

  • Jangan Lupa Kamera

Yang namanya wisata, pasti kamu ingin mengabadikan momen kebersamaan, bukan? Nah… jangan lupa bawa kameranya ya.

  • Siapkan Obat-Obatan

Sebagai jaga-jaga saja jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu boleh lho membawa obat-obatan yang biasanya digunakan. Misalnya saja obat flu, obat alergi, hingga peralatan seperti antiseptik dan plester.

Demikianlah ulasan tentang berwisata di Masjid Pangeran Diponegoro yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, daerah Cipayung, Jakarta. Masjid ini memang sudah seharusnya menjadi salah satu contoh objek wisata religi yang baik di Jakarta. Selain memang ukurannya yang pas untuk sebuah tempat wisata sebesar TMII, arsitektur dan kemegahan masjid ini juga sayang untuk dilewatkan. Jadi sangat cocok jika kamu mengisi liburan kesini bersama teman, keluarga, atau pasangan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu semua ya!

 

Posts created 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top