Inilah Macam-Macam Kopi dengan Keragaman Cita Rasa Kopi Hitam Khas dari Indonesia.

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari di semua negara. Kopi juga menjadi salah satu komoditas terbaik di Indonesia. Indonesia sendiri berada di urutan ke empat sebagai produsen kopi terbanyak dan terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Salah satu kopi yang banyak dihasilkan di Indonesia yaitu kopi hitam. Indonesia menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar yang mana memiliki iklm yang cocok untuk menanam pohon kopi. Kopi banyak tumbuh di dataran yang cukup tinggi setidaknya 1000 meter diatas permukaan laut. Selain itu, vegetasi kopi sangat bagus tumbuh  di daerah-daerah tropis seperti di Indonesia.

Terlebih lagi, saat ini tren coffee shop yang sudah menjamur membuat orang-orang yang kurang menyukai kopi menjadi beralih menikmati kopi dengan varian yang sesuai selera. Dengan adanya trend ini yang ditujukan untuk semua kalangan, penimat kopi juga semakin bertambah. Menurut data ICO atau International Coffee Organization, tingkat konsumsi kopi di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan penjualan produk-produk kopi pada beberapa e-commerce setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis kopi yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Beberapa jenis kopi berikut ini adalah kopi-kopi asli dari Indonesia yang paling terkenal serta memiliki cita rasa yang khas di setiap variannya.

www.pexels.com

Jenis-jenis Kopi Paling Terkenal di Indonesia

  • Kopi Jawa

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah produsen kopi terbanyak di Indonesia. Ada banyak sekali varian kopi Jawa yang banyak dikonsumsi. Salah satu jenis kopi Jawa yang cukup banyak peminatnya yaitu kopi Arabica. Jawa Tengah memproduksi kopi varian Arabica terbesar salah satunya berada di daerah Jawa Timur tepatnya di Kawah Ijen. Kopi Arabica ini memiliki ciri khas yang cukup kuat yaitu berada pada aromanya. Cita rasa kopi Jawa sangatlah berbeda dengan kopi-kopi ditempat lain. Kopi Jawa memiliki rasa yang cukup unik dengan adanya paduan aroma manis dan rasa yang pedas. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh para penyuka kopi dengan aroma yang strong. Selain itu, kopi Arabica khas Jawa ini memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan.

  • Kopi Sindikalang

Kopi Sindikalang merupakan salah satu kopi yang diproduksi di daerah Sumatera Utara. Kopi khas dari Sindikalang ini memiliki perpaduan rasa yang sangat strong. Selain itu, rasa khas dari kopi asli Sumatera Utara ini juga sangat nikmat untuk dinikmati. Kopi Sindikalang terkenal sebagai salah satu kopi khas Sumatera Utara dengan kualitas yang terbaik. Pasalnya, kopi varian Arabica ini tumbuh di dataran tinggi Dairi, Sumatera yang mana berada di lereng gunung vulkanik. Sehingga kopi Arabica bisa tumbuh dengan subur serta cita rasa yang dihasilkan juga sangat khas. Kualitas kopi Sindikalang bisa dikatakan menjadi kopi yang terbaik di Indonesia karena tumbuh di tanah yang mengandung mineral tinggi. Alhasil, rasa dan aroma kopi yang dihasilkan akan sangat nikmat.

  • Kopi Toraja

Kopi dengan cita rasa yang sangat kuat lainnya berasal dari Tanah Toraja. Kopi Toraja merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi varian Arabica ini tumbuh dengan subur di daerah Tenggara Pulau Sulawesi. Dataran tinggi di daerah tersebut memiliki tekstur dan jenis tanah yang sangat subur sehingga vegetasi kopi di daerah tersbeut sangatlah baik. Salah satu ciri khas dari Kopi Toraja yaitu memiliki tekstur yang sangat kental sehingga akan meninggalkan cukup banyak residu pada cangkir kopi. Kopi khas Toraja juga terkenal dengan rasanya yang pekat dan pahit namun juga ada perpaduan rasa coklat serta fruity. Cara terbaik menikmati cita rasa kopi asli Tanah Toraja yaitu dengan menyeduhnya tanpa menggunkan tambahan gula. Cita rasa kopi yang kental, pahit juga berpadu dengan baik Bersama rasa gurih serta segar saat meminumnya.

  • Kopi Flores

Selain kopi Toraja yang memiliki cita rasa yang khas, kopi Arabica yang memiliki tingkat kepekatan cukup hitam yaitu kopi Floress. Kopi asli Indonesia yang berasal dari Flores ini memiliki ciri khas yang cukup unik. Kopi jenis Arabica ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Kualitas biji kopi yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh tingkat ketinggian tempat untuk menanam kopi Flores. Kopi Arabica khas Flores memang dikenal dengan tingkat kepekatan yang cukup hitam. Kualitas kopi Flores juga berbeda-beda dengan cita rasa yang dihasilkan di setiap daerahnya juga berbeda-beda. Kopi khas Flores ditanam di daerah dengan ketinggan 1000 meter hingga 1550 mdpl. Setiap kopi yang ditanam pada ketinggian tertentu memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Sehingga kopi Flores menjadi salah satu kopi yang unik dan banyak dinikmati.

www.pexels.com
  • Kopi Bajawa

Kopi Bajawa merupakan salah satu kopi khas dari Flores yang ditanam di daerah Bajawa. Kopi Bajawa memiliki keunikan tersendiri yaitu proses penanaman serta pembuatannya masih sangat manual. Alhasil, cita rasa yang dihasilkan tidak mengalami perubahan dari jaman ke jaman. Salah satu cara untuk tetap menjaga keaslian rasa dari kopi Bajawa yaitu dimulai dari mempertahankan cara penanaman atau budidaya kopi khas Flores yaitu Bajawa. Pembuatan kopi Bajawa memang masih terkesan tradisional. Hal ini dilakukan oleh masyarakat tersebut untuk mempertahankan keaslian cita rasa kopi yang dhasilkan.

  • Kopi Ratamba

Bagi para penikmat kopi khas Arabica yang kental dan pahit, salah satu kopi asli Banjarnegara yang bernama kopi Ratamba bisa menjadi salah satu kopi terenak yang Anda nikmati. Kopi Ratamba merupakan kopi jenis Arabica yang memiliki rasa cukup asam. Kopi Arabica ini tumbuh dan diolah di daerah Ratamba, Banjarnegara yang mana memiliki perkebunan kopi yang cukup banyak. Para penggiat kopi di desa Ratamba sendiri banyak mengolah kopi Ratamba menjadi kopi espresso. Cita rasa kopi Ratamba yang memiliki tingkat acidic yang cukup tinggi sehingga bagi para penyuka kopi Arabica, kopi Ratamba bisa menjadi salah satu kopi nikmat dengan ke khasan yang tersendiri.

  • Kopi Luwak

Kopi Luwak merupakan salah satu kopi khas Indonesia yang sudah mendunia. Kopi Luwak merupakan kopi yang sangat langka. Pasalnya, cara mengolah kopi Luwak memang tidaklah mudah. Kopi Luwak memiliki cita rasa yang cukup unik karena kopi ini di fermentasi dari kotoran hewan Luwak atau yang sering juga disebut dengan musang kelapa. Kopi luwak dengan proses pembuatan yang memakan waktu cukup lama membuat kopi ini menjadi sangat mahal. Salah satu cara menikmati kopi luwak untuk mendapatkan rasa yang sangat enak yaitu menggunakan cara penyeduhan yang masih tradisional. Hal ini akan membuat cita rasa kopi menjadi semakin nikmat dan tidak terpecah rasanya.

  • Kopi Lanang

Bagi para penikmat kopi terutama di daerah Jawa Timur, Anda tentu tidak asing dengan jenis kopi Lanang. Kopi Arabica yang dipercaya bisa meningkatkan gairah pria ini banyak diproduksi di daerah Banyuwangi. Cita rasa kopi ini cukup kuat karena memiliki tekstur yang cukup kental serta terdapat kandungan Tribulus Terrestris. Senyawa ini hanya ada pada kopi lanang dan bermanfaat untuk meningkatkan dehydroepiandrosterone atau DHEA serta bisa meningkatkan hormone testosterone pada pria. Sehingga dengan adanya senyawa tersebut, kopi lanang banyak dinikmati oleh kaum pria untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Untuk membedakan biji kopi lanang dengan biji kopi yang lain yaitu dengan cara melihat bentuk bijinya. Biji kopi lanang berbentuk lebih bulat serta bijinya tidak terbelah. Manfaat kopi lanang yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk para pria membuat nilai jual kopi ini sangatlah tinggi dibandingkan dengan kopi-kopi yang lainnya.

www.pexels.com
  • Kopi Gayo

Bagi masyarakat Aceh, kopi Gayo sudah menjadi salah satu kopi yang sangat digandrungi di Serambi Mekah itu. Kopi yang berasal dai Gayo, Aceh ini memiliki cita rasa Arabica yang sangat kuat. Cita rasa Arabica selain memiliki acidic yang cukup tinggi juga meninggalkan rasa pahit di lidah. Kopi khas Aceh ini memiliki tingkat kepahitan yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk para penikmat kopi dengan cita rasa yang tidak terlalu kuat. Selain itu, kopi Gayo memiliki bau yang cukup harum sehingga membuat kopi ini terasa lebih gurih dan manis. Kopi Gayo memiliki cara penanaman yang sangat unik yaitu ditanam menggunakan system tanam organic. Sehingga kopi ini sangat sehat dan kualitas yang dihasilkan sangatlah bagus.

  • Kopi Kintamani

Tak hanya Aceh, Toraja, Banjarnegara yang memiliki kopi dengan rasa yang enak. Bali yang merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan sector kepariwisataannya juga memiliki kopi dengan cita rasa yang sangat enak. Kopi Kintamani khas dari Bali misalnya. Kopi ini memiliki cita rasayang sangat unik. Biasanya, kopi Arabica atau Robusta memiliki cita rasa dan aroma nutty yang kuat, sedangkan aroma khas dari kopi Kintamani yaitu memiliki rasa fruity. Rasa yang dihasilkan dari kopi Kintamani yaitu rasa asam dan segar. Rasa fruity ini dipengaruhi oleh cara penanaman atau budidaya kopi Kintamani. Kopi Kintamani ditanam dengan system tumpang sari dimana pohon kopi tumbih diantara tanaman yang lainnya. Tanaman kopi Kintamani ditanam bersama dengan aneka sayuran dan buah-buahan. Sehingga rasa yang dihasilkan lebih beragam dan bervariasi. Kopi kintamani juga diolah dengan cara basah atau yang sering disebut wet prosessed sehingga rasa yang dihasilkan tidak terlalu kuat. Rasa yang dihasilkan kopi khas Bali ini cukup lembut sehingga tidak terasa berat saat dikonsumsi.

  • Kopi Wamena

Papua juga tak kalah dengan daerah yang lainnya dalam hal produksi kopi. Kopi Wamena menjadi salah satu kopi khas Indonesia yang memiliki cita rasa ringan serta tidak meninggalkan banyak residu. Kopi Arabica ini memiliki kandungan acid yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang menyukai kopi dengan cita rasa yang ringan. Cita rasa yang ringan ini disebabkan cara penanaman kopi Wamena yang masih tradisional serta menggunakan cara organic. System penanaman kopi organic tidak membutuhkan banyak bahan kimia sehingga sangat sangat sehat untuk dikonsumsi. Meskipun cita rasa yang dihasilkan tidak terlalu kuat dan cenderung ringan, namun aroma kopi Wamena sangatlah tajam.

www.pexels.com
  • Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi Jawa yang terkenal lainnya dengan kualitas terbaik yaitu Kopi Arabica Java Ijen Raung. Kopi ini merupakan salah satu kopi terbaik kualitas ekspor sejak tahun 2011. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Bondowoso. Kopi Arabica yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas yaitu adanya aroma bunga hutan yang sangat kuat. Arabica khas Bondowoso yang satu ini tidak memiliki acid yang cukup tinggi. Acid dari kopi Java Ijen Raung berada ditingkat sedang bahkan rasa asamnya cenderung guriih karena rasa asam yang dihasilkan yaitu asam Jawa. Dibandingkan dengan rasa asam dari kopi-kopi yang lainnya cenderung memiliki rasa asam citrus. Tak hanya memiliki aroma dan rasa yang khas, kopi Java Ijen Raung juga memiliki cita rasa pedas sehingga sangat cocok untuk menjadi teman begadang.

  • Kopi Durian

Selain kopi lanang yang memiliki manfaat meningkatkan kualitas vitalitas pria, kopi Durian juga dikenal sebagai salah satu kopi yang bisa meningkatkan libido pria. Kopi dan durian merupakan percampuran antara kopi dan buah durian. Keduanya memiliki aroma yang sangat kuat sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman begadang maupun nongkrong. Aroma kopi dan durian menjadi salah satu kopi yang paling banyak diminati terutama di Indonesia. Indonesia memiliki jumlah penyuka kopi yang sangat banyak. Selain itu, penyuka buah durian di Indonesia juga sangatlah banyak. Sehingga kopi dengan cita rasa durian menjadi kopi khas dari Indonesia yang tidak ada di Negara lain.

  • Kopi Liberika Rangsang Meranti

Selain kopi Arabica dan kopi Robusta, kopi yang cukup dinikmati di Indonesia yaitu kopi Liberika. Kopi Liberika Rangsang Meranti dari Riau misalnya. Kopi ini memiliki varietas pohon kopi yang sangat cocok untuk ditanam di tanah gambut. Selain itu, kopi ini juga bisa bertahan di cuaca yang sangat kering. Kopi yang dihasilkan di daerah Meranti, Riau ini memilki cita rasa yang sangat langka. Kopi Liberika masuk sebagai salah satu varietas kopi yang cukup langka untuk ditemukan terutama di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki perkebunan robusta dan Arabica yang cukup luas dan tersebar di semua wilayah Indonesia. Setiap kopi memiliki rasa yang berbeda-beda tergantung dengan varietasnya. Misalnya saja pada kopi Liberika. Kopi Liberika memiliki rasa yang unik yaitu adanya perpaduan rasa nangka dan rasa coklat. Perpaduan kedua rasa tersebut memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Sehingga kopi Liberika menjadi salah satu komoditas kopi yang masih langka di Indonesia.

  • Kopi Tamanggung

Bagi Anda para pecinta kopi dan pecinta temabakau, rasa kopi Tamanggung atau kopi dari Temanggung ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, kopi dari Jawa Tengah ini memiliki perpaduan rasa pahit serta aroma tembakau yang sangat kuat. Kopi ini tidak hanya digemari di Indonesia saja. Kopi khas dari Temanggung juga digemari oleh orang-orang dari negara Eropa dan Amerika Latin. Seperti yang sudah diketahui bahwa Amerika Latin merupakan salah satu negara dengan jumlah penikmat kopi terbanyak di dunia. Pangsa pasar yang sudah mulai meluas membuat kopi ini sangat cocok untuk dinikmati oleh siapa saj. Kopi local kegemaran masyarakat mancanegara.

  • Kopi Malabar

Kopi Khas Jawa Barat yang tumbuh di daerah pegunungan Malabar ini merupakan salah satu kopi yang banyak digemari oleh masyarakat Sunda. Selain dikenal sebagai Kopi Malabar, kopi ini juga dikenal dengan nama kopi Java Preanger. Kopi ini memiliki cita rasa rempah-rempah yang sangat kuat dan pada beberapa kopi yang sudah diseduh akan tercium aroma nangka. Kopi ini masuk ke salah satu jenis kopi arabika yang mana kopi Malabar memiliki ciri khas keasaman yang sedang sehingga masih aman untuk dinikmati. Aroma yang ada di kopi Malabar memang cukup beragam. Hal ini dikarenakan adanya proses pembuatan kopi Malabar yang diproses dengan cara yang berbeda-beda. Proses pembuatan kopi Malabar dilakukan dengan cara natural process, full wash bahkan ada yang semi wash.

www.pexels.com
  • Kopi Arang

Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki wilayah paling luas. Selain itu, pulau Jawa juga memiliki dataran tinggi yang ditanami pohon kopi cukup banyak sehingga memiliki banyak sekali ragam, aroma dan ciri khas kopi. Cara pembuatan kopi juga sangat berbeda-beda. Salah satu kopi yang diolah dengan cara yang sangat berbeda yaitu kopi arang. Kopi arang merupakan salah satu kopi yang banyak terkenal di Jember. Kopi ini diproses dengan cara di sangria menggunakan arang. Proses sangrai yang dilakukan hingga membuat biji kopi gosong. Rasa kopi arang sendiri memiliki rasa yang tidak pahit. Justru rasa yang dihasilkan cukup unik. Selain disebut sebagai kopi arang, kopi yang diproses dengan cara di sangrai ini juga sering disebut denagn kopi Java Jampit. Kopi ini memiliki kualitas yang terbaik dengana roma arang bahkan ada tambahan aroma pedas cabai pada kopi ini. Ciri khas kopi Arang yang cukup unik ini membuat kopi arang banyak dinikmati oleh beragam kalangan. Bahkan kopi ini juga banyak dinikmati oleh kaum millennial terutama para millennial penyuka kopi.

  • Kopi Excelsa

Selain kopi robusta, Arabica dan liberica, kopi excelsa merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki aroma sangat enak. Kopi ini banyak ditemui di wilayah Jambi. Budidaya kopi excelsa sendiri termasuk sebagai kopi yang gampang-gampang susah untuk ditanam. Pasalnya, kopi ini hanya bisa tumbuh dilahan yang kering, tanah gambut serta iklim yang cukup panas. Ketinggian untuk menanam kopi ini juga berada di sekitar 0 hingga 750mdpl. Kopi ini memiliki rasa yang cukup asam serta adanya lebih pahit dari kopi Arabica. Biji kopi excelsa sendiri lebih berat dibandingkan biji kopi yang lainnya. Daerah di Indonesia dengan komoditas kopi excelsa terbaik yaitu ada di daerah Jambi dan Riau.

Itulah beberapa kopi hitam yang banyak tumbuh di Indonesia. Kenikmatan kopi memang sangat enak ditambah dengan cita rasa dan aroma yang berbeda disetiap varian kopi membuat minuman yang satu ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, proses pembuatan kopi yang berbeda-beda disetiap daerah, membuat cita rasa kopi di Indonesia sangatlah beragam. Untuk menikmati kenikmatan kopi dengan cita rasa yang utuh tanpa harus terpecah, kopi espresso bisa menjadi salah satu cara menikmati kopi yang benar. Kopi tanpa campuran gula bisa membuat cita rasa kopi menjadi lebih kuat dan lebih nikmat. Selain itu, cara penyimpanan kopi yang baik dan benar juga bisa mempengaruhi kenikmatan dari kopi itu sendiri.

Posts created 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top